S1 Seni Rupa Telkom University

Simak Seni Rupa Murni : 5 Contoh Karya Bernilai Tinggi

Karya seni rupa murni merupakan karya yang diciptakan hanya untuk dinikmati indra penglihatan tanpa adanya nilai fungsi pada karya tersebut.

Seni rupa murni adalah karya yang sering kita temui di berbagai tempat. Penempatan karya ini bertujuan untuk menambah keindahan tempat tersebut atau untuk dinikmati orang yang melihat.

Seni rupa memiliki keindahan dan nilai jual yang cukup baik di pasaran, bahkan ada yang bernilai fantastis. Telkom University menghadirkan satu Program Studi S1 Seni Rupa (visual art) yang khusus mempelajari bidang seni rupa dan kreativitas.

Seni rupa memiliki dua jenis, satu terapan dan satu lagi murni yang hendak kita bahas kali ini. 

Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan seni yang diciptakan untuk dinikmati keindahannya tanpa memiliki daya guna lain. Terdapat beberapa unsur penting dalam seni murni, yaitu garis, tekstur, titik, gelap terang, warna, dan bentuk. Agar lebih jelas tentang seni murni, berikut kami sajikan beberapa contohnya.

Lukisan

Lukisan merupakan karya seni rupa murni yang terdapat pada bidang datar. Kita sering melihat lukisan pada kanvas untuk dinikmati keindahannya. Lukisan ini termasuk kepada seni lukis modern yang mulanya berasal dari mancanegara. 

Di Indonesia terdapat seni lukis tradisional dari berbagai daerah, seperti:

  • Seni lukis kaca dari Cirebon
  • Lukisan kayu dari irian jaya
  • Melukis kemasan dari Bali, dan lain-lain.

Patung

Seni murni satu ini memiliki dimensi ruang, atau tiga dimensi. Patung dihasilkan dari berbagai bahan baku seperti tanah liat, beton dan lain sebagainya dengan cara memahat dan casting.

Pertunjukan

Seni murni ini ini diciptakan dengan tujuan untuk dipertunjukkan atau dipeetonyonkan untuk menghibur yang melihat. Contohnya beragam tayangan di bioskop, wayang, pameran seni, dll.

Fotografi

Contoh seni rupa sayu ini merupakan perpaduan seni dan teknologi yaitu kamera. Seni satu ini menghasilkan foto-foto sesuai sudut pandang si pemotret yang ingin menyampaikan pesan melalui tangkapan gambar.

Film

Seni film terbentuk dari harmonisasi berbagai unsur seperti seni rupa, musik, suara serta gambar.

Contoh-contoh seni rupa murni di atas bisa Anda tekuni juga melalui pendidikan formal di Telkom University. Nilai jual seni murni ini harganya bisa menyentuh nilai fantastis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *